Penulis Utama : Frisca Erika
NIM / NIP : G0015092
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan penyakit kronik yang disebabkan oleh sekresi insulin terganggu dan resistensi insulin sehingga dapat menyebabkan komplikasi mikrovaskuler salah satunya adalah ulkus kaki diabetik. Pasien DM tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik akan memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehingga dapat menurunkan kualitas hidupnya. Kualitas hidup dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kondisi mental seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kualitas hidup pasien DM tipe 2 dengan ulkus dan tanpa ulkus kaki diabetik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di poliklinik dan rawat inap bagian Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Besar sampel 36 sampel yang terbagi atas 18 pasien DM tipe 2 tanpa ulkus kaki diabetik dan 18 pasien DM tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Variabel bebas adalah DM tipe 2 dengan ulkus dan tanpa ulkus kaki diabetik, sedangkan variabel terikat adalah skor kualitas hidup. Data diperoleh dari kuesioner kualitas hidup SF-36. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Independent T-test dengan uji alternatif Mann-Whitney.
Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata total skor kualitas hidup pasien DM tipe 2 dengan ulkus dan tanpa ulkus kaki diabetik dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0>

Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas hidup pasien DM tipe 2 dengan ulkus dan tanpa ulkus kaki diabetik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, yaitu bahwa kualitas hidup pasien DM tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik lebih rendah dibandingkan dengan pasien DM tipe 2 tanpa ulkus kaki diabetik.

Kata kunci: Diabetes melitus tipe 2, ulkus kaki diabetik, kualitas hidup.

 

×
Penulis Utama : Frisca Erika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015092
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Kualitas Hidup Pasien DM Tipe 2 dengan Ulkus dan Tanpa Ulkus Kaki Diabetik di Rsud Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Kedokteran-G0015092-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eva Niamuzisilawati, dr., Sp.PD., M.Kes., FINASIM
2. Anak Agung Alit Kirti Estuti Narendra Putri, dr., M.K.M
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.