Penulis Utama : Dyah Ayu Kristiya Andriyani Kusumaningrum
NIM / NIP : D0114040
×

ABSTRAK

Dyah    Ayu    Kristiya    Andriyani    Kusumaningrum.    D0114040.    2018.
”Efektivitas Pelaksanaan Sistem Informasi Menejemen Daerah Barang Milik Daerah (SIMDA BMD) dalam Optimalisasi Inventarisasi Aset Daerah Pemerintah Kota Surakarta”. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sistem Informasi Menejemen Daerah (SIMDA) merupakan suatu program aplikasi komputer yang menyediakan informasi suatu data base mengenai kondisi disuatu daerah yang terpadu baik itu dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian/  aparatur  daerah  maupun  pelayanan  publik  pada  daerah  tersebut yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi  pemerintah daerah. Salah satu  dari  berbagai  SIMDA  yang  ada  yaitu  SIMDA  BMD  untuk  pengelolaan Barang Milik Daerah. Penelitian ini ingin menjelaskan sejauhmana individu atau pengguna dari SIMDA BMD ini berkontribusi untuk mencapai efektivitas, meskipun mengalami perubahan. Penelitian ini melihat dari kriteria efektivitas menurut Gibson (1985), yaitu: 1)kemampuan, 2)keahlian, 3)pengetahuan,4) sikap,
5)motivasi dan 6)stress. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sample adalah purposive sampling, yang telah ditentukan yaitu staff bidang aset BPPKAD Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi sebagai sumber data primer serta studi dokumentasi sebagai sumber data sekunder.

Hasil yang diperoleh adalah efektif dapat dibuktikan dengan: 1) Kemampuan yang harus dimiliki oleh para staff pengelola SIMDA BMD harus mengetahui tentang pengoprasian komputer, prosedur tentang pengelolaan BMD dan  akuntansi.  2)  keahlian,  menjelaskan  kemahiran  staff  untuk  menjelaskan tentang fasilitas sistem ini, yaitu hardware dan software yang telah siap, pengguna yang harus ditingkatkan  dan network yang sedang dipersiapkan. 3) pengetahuan yaitu Bimtek oleh BPKP, panduan PDF dan internet. 4) Sikap, dilihat dari pengalaman dan dampak yang terjadi apabila pergantian versi. Dampak dari perubahan adalah kelengkapan menu  namun  kelemahannya adalah adaptasi. 5) motivasi yang ada telah terjadi baik itu dari atasan maupun antar staff. 6) stress, adanya halangan pengoprasian SIMDA BMD. Namun halangan ini dapat teratasi dengan berbagai solusi.

 

Kata kunci : Efektivitas, Kontribusi individu, pemerintah, SIMDA BMD

 

×
Penulis Utama : Dyah Ayu Kristiya Andriyani Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114040
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah (SIMDA BMD) dalam Inventarisasi Aset Daerah Pemerintah Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Ilmu Adminitrasi Negara-D0114040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.