Penulis Utama : Ratna Malisa Indriawati
NIM / NIP : F0114074
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari keberhasilan Bank Indonesia pada Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam mengendalikan inflasi daerah dan tujuan – tujuan lainnya. PSBI ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility ( CSR) dari Bank Indonesia. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PSBI terhadap tingkat kesejahteraan petani bawang putih klaster sasaran.
Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 50 orang, 25 orang petani bawang putih sasaran PSBI dan 25 orang petani bawang putih sasaran non PSBI dengan metode purposive sampling. Teknik pengujian data menggunakan metode Regresi Linear Berganda dan Uji T Sampel Berpasangan dengan Program IBM SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan PSBI memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat produksi dan pendapatan petani. Besaran PSBI juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat produksi, namun memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap tingkat pendapatan. Penerimaan PSBI juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan tingkat produksi dan pendapatan.
Dari hasil tersebut diharapkan Bank Indonesia dapat mempertahankan PSBI dan membangun klaster binaan pada daerah lainnya yang sesuai dengan potensi daerah masing- masing. Diharapkan juga pemerintah turut membantu petani dan kestabilan harga komoditas bawang putih.
Kata kunci : Bank Indonesia, PSBI, Bawang Putih, Produksi, Pendapatan

 

×
Penulis Utama : Ratna Malisa Indriawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114074
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pengaruh Program Pengembangan Klaster Bawang Putih dari Program Sosial Bank Indonesia (Psbi) oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpwbi) Solo terhadap Tingkat Kesejahteraan Petani di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Ekonomi Pembangunan- F0114074-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Maqnus Soesilo, M.S
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.