Penulis Utama : Ganesya Hapsari Puspitarini
NIM / NIP : K8111033
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita peserta didik melalui media picture book pada anak kelompok A1 TK Al Islam 4 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali tatap muka dan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok A1 TK Al Islam 4 Surakarta yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif model Miles dan Hubberman yang mana analisis dilakukan terus-menerus hingga tuntas. Target keberhasilan penelitian adalah 80 ?ri seluruh peserta didik yang dijadikan sampel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak cerita peserta didik menggunakan media picture book. Persentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 33,33%. Pada siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 50%. Pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 61,1%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 78,8%. Pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 83,3%.

Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media picture book dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik kelompok A1 TK Al Islam 4  Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Kemampuan menyimak, picture book, metode bercerita, penelitian tindakan kelas, peserta didik TK

×
Penulis Utama : Ganesya Hapsari Puspitarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8111033
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Peserta Didik Melalui Metode Bercerita dengan Media Picutre Book (Penelitian pada Peserta Didik Kelompok A1 Tk Al Islam 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8111033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum,
2. Drs. M. Ismail Sriyanto, S.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.