Penulis Utama : Choiria Shinta
NIM / NIP : K3313018
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori pada materi hidrokarbon siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul, dan (2) prestasi belajar pada materi hidrokarbon siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta dengan penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan memori siswa pada materi hidrokarbon kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Persentase ketercapaian kemampuan memori tinggi prasiklus sebesar 41% meningkat menjadi 52% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 74?ri target 60%. (2) Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Persentase prestasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 40,74% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dari target 60%. Persentase aspek afektif telah tuntas pada siklus I sebesar 92,59?ri target 70%, dan persentase aspek psikomotor telah tuntas pada siklus I sebesar 100?ri target 60%.

Kata kunci : hidrokarbon, kemampuan memori, penelitian tindakan kelas, prestasi belajar, TAI

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Choiria Shinta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313018
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X1 Sma Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Kimia-K3313018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widiastuti Agustina Eko S, S.Si., M.Si.,
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.