Penulis Utama : Alfathi Agustin
NIM / NIP : K4613011
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah  permainan bolavoli menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas V SD Negeri Purwotomo 97 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan lima kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Purwotomo 97 Surakarta yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 11 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar, peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus hasil belajar passing bawah permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 10 siswa (43,48%) dan yang belum tuntas adalah 13 siswa (56,52%). Pada siklus I hasil belajar passing bawah permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 16 siswa (69,56%) dan yang belum tuntas adalah 7 siswa (30,44%). Sedangkan pada siklus II hasil hasil belajar passing bawah permainan bolavoli jumlah yang tuntas adalah 20 siswa  (86,96%) dan yang belum tuntas adalah 3 siswa (13,04%). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing bawah permainan bolavoli telah mencapai target yang ingin dicapai  pada siklus II bahkan melebihi target.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bolavoli pada siswa kelas SD Negeri Purwotomo 97 Surakarta 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Alfathi Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613011
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli pada Siswa Kelas V SD Negeri Purwotomo 97 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PENJASKES-K4613011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.