Penulis Utama : Joko Tri Atmojo
NIM / NIP : S021602020
×

Abstrak

Latar belakang: Berhenti merokok tidak mudah karena ketergantungan tembakau adalah sekelompok fenomena perilaku, kognitif dan fisiologis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mem¬engaruhi keber¬hasil¬an perilaku berhenti merokok di Kota Surakarta menggunakan pendekatan teori health belief model (HBM), teori PRECEDE-PROCEED, teori determinan kesehatan, dan Theory of Planned Behavior (TPB).
Subjek dan metode: Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta pada bulan Desember 2017. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling snowball sampling. Subjek penelitian sebanyak 165 orang terdiri dari 68 orang berhasil berhenti merokok dan 97 orang perokok. Variabel dependen adalah keberhasilan berhenti merokok. Variabel independen adalah niat, sikap, adiksi, stres, persepsi kendali perilaku, norma sosial, ekspektasi hasil, pendapatan keluarga, daya beli rokok, lama merokok, akses rokok, dan dukungan sosial. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur.
Hasil: Keberhasilan perilaku berhenti merokok dipengaruhi secara langsung oleh niat kuat (b= 2.39; SE= 0.51; p<0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed p=0.002), xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed p=0.035), xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Keberhasilan perilaku berhenti merokok dipengaruhi secara langsung oleh niat, lama merokok, dan akses memperoleh rokok. Keberhasilan perilaku berhenti merokok dipengaruhi secara tidak langsung oleh adiksi, norma subjektif, persepsi kendali perilaku, stres, harapan hasil, sikap, daya beli rokok, pendapatan, dan dukungan sosial.

Kata Kunci : keberhasilan berhenti merokok, HBM, PRECEDE-PROCEED model, TPB

×
Penulis Utama : Joko Tri Atmojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602020
Tahun : 2018
Judul : Determinan Keberhasilan Berhenti Merokok di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kesehatan Masyarakat-S021602020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. RB Soemanto, M.A.
2. Prof. Dr. Bhisma Murti, dr, M.Ph, M.Sc, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.