Penulis Utama : Jihan Nafisah Fauziyyah
Penulis Tambahan : 1. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., M.Psi
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
NIM / NIP : S022102027
Tahun : 2022
Judul : Meta Analisis Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Perilaku Berhenti Merokok
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Saat ini perilaku merokok telah menjadi masalah kesehatan global yang sulit dipecahkan. Diseluruh dunia, sekitar 23% penduduk dunia merokok,  Indonesia menempati peringkat terbanyak ke-3 didunia dengan jumlah perokok aktif dan diprediksi lebih dari 97 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok. Lebih dari 7 juta kematian diakibatkan oleh penggunaan langsung tembakau dan sekitar 1.2 juta diakibatkan oleh paparan asap rokok orang lain. Pada tahun 2015 Indonesia menyumbangkan lebih dari 130,000 kematian akibat konsumsi tembakau setiap tahunnya. Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengontrol kebiasaan merokok salah satunya hipnoterapi. Hipnoterapi merupakan salah satu pendekatan kesehatan secara psikologis yang digunakan untuk merubah perilaku dan kebiasaan manusia.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis besarnya pengaruh hipnoterapi terhadap keberhasilan berhenti merokok pada perokok aktif berdasarkan hasil penelitian serupa sebelumnya..

Penelitian ini merupakan meta-analisis dengan PICO berikut, Populasi: perokok aktif dewasa. Intervensi: hipnoterapi. Perbandingan: tidak dilakukan hipnoterapi. Hasil: penurunan nyeri. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari tiga database yaitu Google Scholar, Pubmed, dan Science Direct. Kata kunci untuk mencari artikel “hypnotherapy” OR “hypnosis” AND tobacco OR smoke OR smoked OR smoker AND “smoking cessation”.Artikel yang disertakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia teks lengkap dengan desain studi randomized control trial dari tahun 2008 hingga 2022. Pemilihan artikel dilakukan dengan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.

Sebanyak 9 studi kasus dari benua Eropa, Amerika, Asia dan Afrika dipilih untuk tinjauan sistematis dan meta-analisis. Didapatkan hasil bahwa hipnoterapi 1.32 unit lebih tinggi meningkatkan keberhasilan berhenti merokok dibandingkan tidak dilakukan hipoterapi (SMD= 1.32; CI 95% = 0.53 hingga 2.12; p=0.001). Hipnoterapi meningkatkan keberhasilan berhenti merokok pada perokok aktif dewasa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVERR.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., M.Psi
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana