Penulis Utama : Elsa Jumasni Ayu
NIM / NIP : S022108014
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Penyimpangan seksual berisiko pada remaja merupakan kebiasaan yang mencakup berhubungan seksual pada usia dini, penggunaan kondom yang tidak konsisten, memiliki pasangan seksual lebih dari satu atau menjadi pekerja seks komersial. Komunikasi orang tua dengan anak memegang peranan penting dalam membina hubungan keduanya serta orang tua yang kurang bisa berkomunikasi  dengan anaknya akan menimbulkan konflik hubungan sehingga dapat berdampak pada perilaku seksual remaja. Hal tersebut dapat dicegah untuk menghindari dampak dari perilaku berisiko seksual. Salah satu cara pencegahan adalah dengan adanya pemantauan orang tua dan komunikasi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya pengaruh pemantauan orang tua dan komunikasi orang tua terhadap perilaku berisiko seksual pada remaja berdasarkan hasil penelitian primer.

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan tinjauan studi meta-analisis dan artikel ini didapatkan dari database yaitu PubMed, Google Scholar, Elsevier, Spinger Link dan Science Direct. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu artikel yang dipublikasikan dari tahun 2012-2022. Pencarian artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan yang didefinisikan menggunakan model PICO yaitu P: Remaja, I: Pemantauan orang tua dan komunikasi orang tua C: Tanpa pemantauan orang tua dan tanpa komunikasi orang tua O: Perilaku berisiko seksual. Artikel yang termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full text dengan desain studi crossectional. Artikel ini dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.

Hasil: Sebanyak 17 studi cross-sectional dari 5 benua Amerika, 1 benua Eropa, 2 benua Asia dan 9 benua Afrika dengan besar sample 13,404. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa remaja dengan pemantauan orang tua menurunkan perilaku seksual berisiko 0.84 kali dibandingkan tanpa pemantauan orang tua, namun pengaruh tersebut secara statistik tidak signifikan (aOR=0.84; CI 95%=0.61-1.17; p=0.300), remaja tanpa komunikasi orang tua memiliki kemungkinan untuk berperilaku seksual berisiko 1.26 kali dibandingkan dengan remaja yang berkomunikasi dengan orang tua (aOR=1.26; CI 95% 0.81-1.95; p=0.310) yang secara statistik tidak signifikan. Hasil penelitian pada pemantauan orang tua menunjukkan bahwa terdapat heterogenitas yang tinggi (I2=74%; p=0.001) dan komunikasi orang tua (I2=90%; p<0>forest plot menggunakan random effect model.

Kesimpulan: Pemantauan orang tua dan komunikasi orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku berisiko seksual pada remaja.

×
Penulis Utama : Elsa Jumasni Ayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022108014
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Pemantauan dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Berisiko Seksual pada Remaja: Meta-Analisis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Pemantauan orang tua, komunikasi orang tua, perilaku berisiko seksual, remaja
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M. Si
2. Dr. Hanung Prasetya, S. Kp., S. Psi., M. Si
Penguji : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.