Penulis Utama : Risuma Pratama Putra
NIM / NIP : K7412196
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar kearsipan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Wikarya Karanganyar melalui pemberian Reward dan Punishment.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kearsipan. Peningkatan terjadi pada siklus I sebesar 66,89% pada motivasi belajar dan 62,16% pada prestasi belajar, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasi dan prestasi belajar siswa mencapai kualifikasi sangat  tinggi  yaitu  87,39%  pada  motivasi  belajar  dan  89,18%  pada  prestasi belajar.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar.

Kata Kunci : Reward dan Punishment, motivasi belajar, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Risuma Pratama Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412196
Tahun : 2018
Judul : Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7412196-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Patni Ninghardjanti, M.Pd.
2. Subroto Rapih, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.