Penulis Utama : Pandu Pradikantara
NIM / NIP : K4613107
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat pada peserta didik kelas VIII G SMP NEGERI 2 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018 melalui pengguaan alat bantu pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik putra dan 15 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.

Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: kondisi awal peserta didik yang tuntas hanya 11 peserta didik atau 35,48%, di siklus pertama peserta didik  yang tuntas menjadi 21 peserta didik atau 67,74% dan di siklus kedua peserta didik  yang tuntas menjadi 26 peserta didik atau 83,87% sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Pandu Pradikantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613107
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Samping Pencak Silat Pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2017 / 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613107-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Drs. H. Sunardi, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.