Penulis Utama : Obrian Ahmad Jaelani
NIM / NIP : K4615069
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan lurus pencak silat melalui modifikasi alat bantu pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 simo Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 5 SMA N 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 35 peserta didik. Sumber data yang di peroeh berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lurus pencak silat dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil data yang  diperoleh  dari  studi  awal,  dari  35  peserta  didik  yang  mendapatkan ketuntasan  psikomotor  yang  tuntas  11  peserta  didik  (31%),  belum  tuntas  24 peserta didik (69%), aspek kognitif yang tuntas 22 peserta didik (66%), belum tuntas 12 peserta didik (34%), dan aspek sikap sosial & spiritual 3 peserta didik (9%) dengan aspek sikap sosial & spiritual sangat baik, 22 peserta didik (63%) dengan aspek sikap sosial & spiritual baik dan 10 peserta didik (28%) dengan aspek sikap sosial & spiritual cukup.
Pada siklus I, hasil belajar psikomotor yang tuntas 24 peserta didik (69%), belum tuntas 11 peserta didik (31%), aspek sikap sosial & spiritual 2 peserta didik (6%) dengan sikap sosial & spiritual sangat baik, 27 peserta didik (77%) dengan sikap sosial & spiritual baik dan 6 peserta didik (17%) dengan sikap sosial & spiritual cukup.
Pada  siklus  II,  hasil  belajar  psikomotor  yang  tuntas  31  peserta  didik (89%), belum tuntas 4 peserta didik (11%), aspek kognitif yang tuntas 33 peserta didik (94%), belum tuntas 2 peserta didik (6%) dan aspek sikap sosial & spiritual 3 peserta didik (9%) dengan sikap sosial & spiritual sangat baik, 29 peserta didik (82%) dengan sikap sosial & spiritual baik dan 3 peserta didik (9%) dengan sikap sosial & spiritual cukup. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar tendangan lurus pencak silat meningkat hingga menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, inovatif dan menyenangkan sehingga   bisa   mendukung   suatu   proses   pembelajaran   yang   berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lurus pencak silat pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA N 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020.


Kata Kunci :    Hasil Belajar, Tendangan Lurus, Pencak Silat, Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Obrian Ahmad Jaelani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615069
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Tendangan Lurus (Depan) Pencak Silat melalui Modifikasi Alat Bantu pada Peserta Didik Kelas XI IPS 5 SMA N 1 SIMO Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKOR - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Keolahragaan, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi- K4615069-2020
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tendangan Lurus, Pencak Silat, Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rony Syafullah, M.Pd
2. Dr. Singgih Hendarto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.