Penulis Utama : Gina Dinnur Amalia
NIM / NIP : K1214020
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis alih kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII F SMP Negeri 2 Brangsong kabupaten Kendal; (2) jenis campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII F SMP Negeri 2 Brangsong, kabupaten Kendal; (3) faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII F SMP Negeri 2 Brangsong, kabupaten Kendal; (4) pola alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII F SMP Negeri 2 Brangsong, kabupaten Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode deskripstik kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dan snow ball sampling serta teknik pengumpulan data melalui teknik rekam, teknik catat, dan wawancara. Teknik uji validitas data penelitian ini adalah triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, ditemukan 12 kali alih kode yang terbagi menjadi 4 kali alih kode bahasa Jawa dan 8 kali alih kode Bahasa Arab; Kedua, ditemukan campur kode sebanyak 44 kali yang terbagi menjadi bahasa Indonesia dialek Jakarta sebanyak 26 kali, bahasa Jawa sebanyak 12 kali, dan 6 kali dalam bahasa Inggris; Ketiga, faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam penelitian ini terbagi menjadi 5 faktor (a) pribadi dan pembicara, (b) mitra bicara, (c) tempat tinggal, (d) topik, serta (e) fungsi dan tujuan.
Kata kunci: alih kode, campur kode, faktor

 

 

×
Penulis Utama : Gina Dinnur Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214020
Tahun : 2018
Judul : Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII F SMP Negeri 2 Brangsong Kabupaten Kendal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.