Penulis Utama : Aisha Dian Kusuma
NIM / NIP : K4314003
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif (aspek fluency, flexibility, originality, elaboration) dan komunikasi lisan siswa (aspek organization, language, delivery, evidence based support dan general purpose).
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain The Rendomized Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas dengan 201 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPA 5 yang memiliki 33 siswa sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey dengan taraf signifikansi 5% yang dibantu dengan program SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi lisan siswa. 2) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasar dari aspek fluency, fleksibility, originality dan elaboration. 3) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi lisan berdasar dari aspek organization, language, delivery, evidence based support dan general purpose. 4) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif mulai paling tinggi sampai paling rendah adalah pada aspek fluency dan originality dilanjutkan aspek flexibility dan elaboration. 5) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek kemampuan komunikasi lisan adalah sama besar.
Kata kunci: problem posing, model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan komunikasi lisan

 

×
Penulis Utama : Aisha Dian Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314003
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Problem Posing Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Lisan Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4314003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.,
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.