Penulis Utama : Binti Qoeroti
NIM / NIP : K4314015
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis keterampilan problem solving siswa melalui penerapan model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) pada materi sistem ekskresi dan sistem imun kelas XI MIPA yang berjumlah 31 siswa pada tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart (2005). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) yang terdiri dari sintaks eksplorasi, integrasi konsep, eksperimen, analisis, pengambilan tindakan, dan refleksi. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan problem solving sebesar 34% setelah diterapkan model SIL. Keterampilan define the problem dan explore the problem meningkat dari kategori rendah menjadi baik, sedangkan keterampilan plan the solution, implement the plan, check the solution, dan evaluate/reflect meningkat dari kategori rendah menjadi sedang.
Kata Kunci : keterampilan problem solving, model Science Integrated Learning, Action Research

 

 

×
Penulis Utama : Binti Qoeroti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314015
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Kelas XI MIPA SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4314015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.,
2. Riezky Maya Probosari S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.