Penulis Utama : Amri Haq Anugrah
NIM / NIP : K5114005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan metode talaqqi berbasis video terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak tunarungu kelas II SD di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen bentuk pre-experimental desain one group pre test-post test design. Pengukuran kemampuan membaca huruf hijaiyyah dilakukan sebelum dan sesudah (Pretest-Postest) pemberian metode talaqqi berbasis video. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 6 orang siswa.

Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis, dan tes lisan. Validitas instrumen dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan uji reliabilitas internal consistency. Data hasil uji coba tersebut kemudian dianalisa menggunakan teknik belah dua dari spearman brown dengan hasil nilai equal length dan unequal length 0,997. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 21.

Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata post test lebih besar dari pada nilai pre test yaitu 5,75 menjadi 7,75. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Zhitung = -2,449 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,014 (< 0>talaqqi berbasis video berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada anak tunarungu kelas II SD di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

×
Penulis Utama : Amri Haq Anugrah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114005
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penggunaan Metode Talaqqi Berbasis Video Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Tunarungu Kelas II SD di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd., M.Si.
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.