Penulis Utama : Apriliana Eka Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114008
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Modifikasi Perilaku Teknik Token Economy Terhadap Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SLB C YPPLB Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114008-2018
Subyek : TOKEN ECONOMY, PERILAKU, MALADAPTIF, TUNAGRAHITA SEDANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi perilaku teknik token economy terhadap perilaku maladaptif anak tunagrahita sedang kelas III SLB C YPPLB Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita kelas III kelompok B di SLB C YPPLB Kabupaten Ngawi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dengan expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan Interrater Realiability berupa Interclass Correlation Coeffisien (ICC) dengan SPSS 23. Alat bantu teknik token economy yang digunakan berupa koin yang akan diberikan dan dikurangi sesuai perilaku yang ditunjukan oleh subjek. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan metode analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan frekuensi perilaku maladaptif subjek. Perubahan rata-rata perilaku maladaptif subjek yaitu dari 10,14 kali pada fase baseline-1 (A1) menjadi 7,14 kali pada fase intervensi-1 (B1). Fase selanjutnya yaitu baseline-2 (A2) kembali mengalami penurunan dari B1 menjadi 6 kali dan terakhir 3,14 kali pada fase intervensi-2 (B2). Kecenderungan stabilitas pada fase A1 dan A2 adalah 100% stabil. Selanjutmya, fase B1 dan B2 adalah 85.7% stabil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi perilaku teknik token economy berpengaruh terhadap perilaku maladaptif anak tunagrahita sedang kelas III SLB C YPPLB kabupaten Ngawi tahun ajaran 2017/2018.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP