Penulis Utama : Fiola Indah Putri Pratama
NIM / NIP : K5114019
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi perilaku Differrential Reinforcement of Zero Responding (DRO) terhadap perilaku perseverasi anak autis kelas VIII di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian adalah anak autis kelas VIII di SLB Negeri Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor masing-masing subjek dalam tiga tahap yaitu, tahap baseline 1, tahap intervensi dan tahap baseline 2 dengan perilaku perilaku perseverasi verbal. Dalam tahap baseline 1, subjek menunjukkan perilaku perseverasi verbal selama 11,75 menit. Pada tahap intervensi, subjek menunjukkan perilaku perseverasi verbal rata-rata menurun yaitu selama 6,5 menit. Pada tahap baseline 2 perilaku perseverasi verbal menurun menjadi 5 menit.
Hasil menunjukkan adanya pengaruh berupa penurunan perilaku perseverasi verbal anak autis kelas VIII dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil). Pengaruh berupa penurunan perilaku membuktikan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modifikasi perilaku DRO berpengaruh terhadap perilaku perseverasi anak autis kelas VIII SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Modifikasi Perilaku, Differential Reinforcement of Zero Responding (DRO) , Perilaku Perseverasi, Anak Autis.

×
Penulis Utama : Fiola Indah Putri Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114019
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Modifikasi Perilaku Differential Reinforcement Of Zero Responding (DRO) Terhadap Perilaku Perseverasi Anak Autis Kelas VIII di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Luar biasa-K5114019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Subagya, M.Si.,
2. Mohammad Anwar, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.