Penulis Utama : Yumna Nur Fildzah
NIM / NIP : K5114053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) terhadap perilaku agresi pada siswa kelas I Autis di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dan menggunakan desain reversal A-B-A, dimana subjek dikenakan perlakuan dalam jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara  baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline-2 (A2).  Subjek dalam penelitian adalah seorang siswa autis kelas I Autis di SLB Negeri Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.

Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis visual  yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis menunjukkan kecenderungan arah dan perubahan level meningkat +1 pada baseline-1 (A1), menurun -2 pada intervensi (B), dan konstan =0 pada baseline-2 (A2), kecenderungan stabilitas tinggi,dan data persentase overlap 0%.  Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) berpengaruh untuk mengurangi perilaku agresi siswa kelas I Autis di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Yumna Nur Fildzah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114053
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) terhadap Perilaku Agresi Anak Autis Kelas I di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A. Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.