Penulis Utama : Rizki Husadani
NIM / NIP : K5114039
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode picture and picture untuk meningkatkan perilaku disiplin anak tunagrahita kelas IV SLB CG YPPCG Bina Sejahtera Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
    Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A yaitu dimulai dengan pengukuran baseline 1 hingga data stabil, dan dilanjutkan dengan intervensi, langkah terakhir adalah pengukuran baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas IV di SLB CG YPPCG Bina Sejahtera Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi.
    Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor masing-masing subjek dalam tiga fase yaitu, fase baseline 1, fase intervensi dan fase baseline 2 dengan 2 perilaku berbeda yaitu perilaku membuang sampah sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya. Dalam fase baseline 1 perilaku membuag sampah sembarangan, subjek melakukan perilaku tersebut sebanyak 8 kali. Pada fase intervensi perilaku membuang sampah sembarangan rata-rata menurun yaitu 4 kali. Pada fase baseline 2 perilaku membuang sampah sembarangan menurun menjadi 3 kali. Sementara itu, pada fase baseline 1 perilaku membuang sampah pada tempatnya, subjek melakukan perilaku tersebut rata-rata sebanyak 1 kali, pada fase intervensi perilaku meningkat yaitu dilakukan rata-rata sebanyak 5 kali dan pada fase baseline 2 dilakukan rata-rata-rata sebanyak 6 kali. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya peningkatan perilaku disiplin anak tunagrahita kelas IV dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture berpengaruh meningkatkan perilaku disiplin anak tunagrahita kelas IV SLB CG YPPCG Bina Sejahtera Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci:  Pengaruh, Metode Picture and Picture , Perilaku Disiplin, Anak Tunagrahita.
 

×
Penulis Utama : Rizki Husadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114039
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkatkan Perilaku Disiplin Anak Tunagrahita Kelas IV SLB-CG YPPCG Bina Sejahtera Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Luar Biasa- K5114039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sunardi,M.Sc,
2. Erma Kumalasari, S.Psi, M.Psi., Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.