Penulis Utama : Sri Sugiarti
NIM / NIP : K4413060
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, (1) karakter rasa ingin tahu siswa di SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media video, (2) hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media video.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan model siklus berdaur ulang. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian  adalah  siswa  kelas  X  3  SMA  Negeri  1  Kemusu  Boyolali  tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa, dan terdiri atas 11 siswa laki-laki dan   16   siswa   perempuan.   Teknik   pengumpulan   data   yaitu   menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif untuk menganalisi data kuantitatif dan model analisis data interaktif untuk menganalisis data kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media video dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata pencapaian indikator karakter rasa ingin tahu siswa dengan kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu pada tahap prasiklus sebesar 44,44%, pada tahap siklus I sebesar 59,26% dan pada tahap siklus II sebesar 77,78%. (2) Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media video  dapat  meningkatkan  hasil belajar  sejarah  siswa  kelas X 3  SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase pencapaian hasil ketuntasan minimal hasil belajar sejarah siswa (KKM=75) yaitu pada tahap prasiklus mencapai 51,85%, pada tahap siklus I meningkat menjadi 62,96% dan pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 77,78%.

 

×
Penulis Utama : Sri Sugiarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413060
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413060-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.