Penulis Utama : Rizka Noor Azila Wakhidah
NIM / NIP : K5114038
×

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Picture Exchange Communication System (PECS) dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai uang anak gangguan spectrum autis kelas V SLB Autis Harmoni tahun ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian adalah anak gangguan spectrum autis kelas V di SLB Autis Harmoni berjumlah 1 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh dari rata-rata perolehan nilai subjek dalam tiga tahap yaitu, tahap baseline-1 (A1), tahap intervensi (B)  dan tahap baseline-2 (A2).
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata perolehan nilai kemampuan mengenal nilai uang setelah menggunakan media Picture Exchange Communication System (PECS). Pada fase baseline-1 (A1) rata-rata perolehan nilai subjek sebesar 50,25, pada fase intervensi (B) rata-rata perolehan nilai subjek meningkat menjadi 75,875, dan pada fase baseline-2 (A2) rata-rata perolehan nilai subjek meningkat kembali menjadi 92,25.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Picture Exchange Communication System (PECS) berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal nilai uang anak gangguan spectrum autis kelas V SLB Autis Harmoni Tahun Ajaran 2017/2018.


Kata Kunci: pengaruh, media, Picture Exchange Communication System (PECS), mengenal nilai uang, anak gangguan spectrum autis.

 

×
Penulis Utama : Rizka Noor Azila Wakhidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114038
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Media Picture Exchange Communication System (Pecs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Uang Bagi Anak Gangguan Spektrum Autis Kelas V SLB Autis Harmoni Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Luar Biasa- K5114038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.,
2. Erma Kumala Sari, S.Psi, M.Psi.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.