Penulis Utama : Hudzaifah
NIM / NIP : K5112033
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Metode Picture Exchange Communication  System (PECS)  peningkatan kemampuan menyusun kalimat berbasis EYD pada anak tunarungu kelas VIb SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe pre-experimental yang berupa One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIb SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif berupa soal uraian. Tes tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak tunarungu kelas VIb dalam menyusun kalimat berbasis EYD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis non-parametrik yaitu Tes Ranking Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) dengan menggunakan program SPSS 23.

Dari hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS 23, diketahui nilai rata-rata posttest sampel penelitian mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest 88,87 lebih besar daripada nilai pretest 65,50. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Zhitung = -2,524 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,012 pada taraf signifikansi (α) 5%.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Picture Exchange Communication System (PECS) efektif untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat berbasis EYD anak tunarungu kelas VIb di SLB-B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci :   Metode pembelajaran, Picture Exchange Communication System (PECS), kemampuan menyusun kalimat berbasis EYD, anak tunarungu

×
Penulis Utama : Hudzaifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112033
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Metode Picture Exchange Communication System (Pecs) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Berbasis Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada Anak Tunarungu Kelas VIb SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim Choiri, M.Kes.,
2. Priyono, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.