Penulis Utama : Ahmad Sidiq
NIM / NIP : K3513007
×

ABSTRAK

Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat persebaran informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi sebagai media informasi dan manajemen dalam penyelenggaraan seminar yaitu sebuah sistem informasi manajemen seminar internasional berbasis WEB.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, ditemukan berbagai masalah yang ditemukan, diantaranya Untuk penyusunan laporan data kegiatan, data peserta, dan lain sebagainya, sebenarnya sudah memanfaatkan teknologi informasi, tetapi masih kurang efektif. Sehingga banyak kelemahan yang muncul seperti; kurang efektif dan efisien dalam pengolahan data, waktu yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan cukup lama dan resiko kesalahan menjadi besar.
Kemudian dari sisi presensi juga masih dicetak secara manual. Selain itu, selama ini semua peserta yang mendaftar akan di cetakkan sertifikat, meskipun peserta tersebut tidak hadir dalam seminar, hal ini terjadi karena dari pihak penyelenggara kesulitan untuk memilah peserta mana yang hadir dan tidak hadir.
Pada penelitian ini disajikan hasil pengujian kelayakan dari sistem informasi manajemen seminar yang dikembangkan. Pengujian dilakukan terhadap ahli sistem, ahli substansi, dan pengguna. Pengujian ahli sistem menggunakan instrumen yang mengacu ISO 9126 mendapatkan presentase 88.6%. Pengujian ahli substansi menggunakan instrumen yang mengacu ISO 9126 mendapatkan presentase 87.5%. Sedangkan pengujian terhadap pengguna menggunakan instrumen yang mengacu ISO 9126 aspek fungsionalitas mendapat presentase rata-rata 90,2%.

Kata kunci: sistem informasi, sistem informasi manajemen, seminar, berbasis web.

×
Penulis Utama : Ahmad Sidiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513007
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Seminar Internasional Berbasis Web di FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Sudi TIK-K3513007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudianto Sujana, M.Kom.
2. Aris Budianto, ST, M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.