Penulis Utama : Muhammad Bilhajhusni Widyo Pramana
NIM / NIP : F0214070
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi keputusan rute kendaraan yang optimal dalam pendistribusian bantuan sembako Dompet Kemanusiaan PMI Solo. Penyusunan rute didasarkan pada jumlah kendaraan, lokasi penerima bantuan, dan jarak tempuh antar lokasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sumber data sekunder di mana penulis mendapatkan data dari Palang Merah Indonesia Kota Surakarta dan Bing Maps. Metode yang digunakan adalah saving heuristic dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan, waktu kerja, dan jarak maksimal. Alat yang digunakan adalah VRP Spreadsheet Solver dengan tujuan meminimalkan jarak tempuh.
Hasil dari penelitian adalah memberikan 3 rute distribusi kendaraan.  Rute 1 adalah PMI – Sangkrah – Kampungsewu – Pucangsawit – PMI, dengan total jarak sebesar 8,46 kilometer dan penghematan sebesar 6,33 kilometer. Rute 2 adalah PMI – Mojosongo – Nusukan – Ketelan – Kandangdoro – PMI, dengan total jarak sebesar 10,35 kilometer dan penghematan sebesar 12,24 kilometer. Rute 3 adalah PMI – Kratonan – Panularan – Manahan – Jajar – Banyuanyar – Kadipiro – PMI, dengan total jarak sebesar 21,62 kilometer dan penghematan sebesar 43,69 kilometer. Total jarak tempuh dari 3 rute tersebut adalah 40,43 kilometer. Total penghematan dengan asumsi jumlah kendaraan diperkecil dari 13 kendaraan menjadi 3 kendaraan adalah 62,26 kilometer.

Kata Kunci: Distribusi, Rute, Saving Heuristic, Vehicle Routing Problem.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Bilhajhusni Widyo Pramana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214070
Tahun : 2018
Judul : Optimasi Keputusan Rute Kendaraan dalam Pendistribusian Bantuan Sembako Dompet Kemanusiaan PMI Solo (Studi pada Palang Merah Indonesia Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen- F0214070-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Hastjarja Kustijana B., M.M.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.