Penulis Utama : Yosafat Ari Kurniawan
NIM / NIP : C0212070
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana wujud tindak tutur direktif dalam segmen khusus Jeng Patrol di Indosiar? (2) Bagaimana wujud tindak tutur ekspresif dalam segmen khusus Jeng Patrol di Indosiar?  (3) Bagaimana wujud  realisasi  strategi  kesantunan  berbahasa dalam segmen khusus Jeng Patrol di Indosiar?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif dalam segmen khusus Jeng Patrol di Indosiar, (2) Mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif  dalam segmen khusus  Jeng Patrol di  Indosiar,  dan (3) Mendeskripsikan wujud  realisasi strategi kesantunan  berbahasa dalam  segmen khusus Jeng Patrol di Indosiar.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah segmen khusus Jeng Patrol dalam acara Patroli Siang di Indosiar episode bulan Juni-Agustus 2016 yang diunduh dari situs YouTube. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang mengandung jenis tindak tutur direktif, ekspresif dan prinsip kesantunan beserta konteksnya pada segmen khusus Jeng Patrol dalam acara Patroli Siang di Indosiar. Metode pengumpulan  data  yang digunakan  dalam penelitian ini adalah  metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SLBC) dan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis kontekstual, teknik analisis cara-tujuan, dan teknik analisis heuristik. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal.
Penelitian ini menyimpulkan beberapa hal: Pertama, ditemukan delapan jenis  subtindak  tutur  direktif  dalam  segmen  khusus  Jeng  Patrol  dalam  acara Patroli Siang di Indosiar. Kedelapan subtindak tutur tersebut yaitu, menasihati, mempertanyakan, mengharap, menyuruh, memohon, melarang, menyarankan, dan menuntut. Dari kedelapan subtindak tutur tersebut, tindak tutur direktif dengan subtindak tutur menasihati merupakan tindak tutur yang paling banyak ditemukan. Kedua, ditemukan enam jenis subtindak tutur ekspresif dalam segmen khusus Jeng  Patrol  dalam  acara  Patroli  Siang  di  Indosiar.  Keenam  subtindak  tutur tersebut yaitu, memberi salam, berterima kasih, meminta maaf, memuji, memprotes, dan mengeluh. Dari keenam subtindak tutur tersebut, tindak tutur ekspresif dengan subtindak tutur berterima kasih merupakan tindak tutur yang paling banyak ditemukan. Ketiga, ditemukan empat strategi kesantunan dalam segmen  khusus  Jeng  Patrol  dalam  acara  Patroli  Siang  di  Indosiar.  Keempat strategi kesantunan tersebut adalah strategi langsung tanpa basa-basi (bald on record),   strategi   kesantunan   positif   (positive   politeness   strategy),   strategi kesantunan negatif (negative politeness strategy), dan strategi tindak tutur secara tidak langsung (off record). Terdapat enam substrategi kesantunan positif, yaitu a) memperhatikan minat, kepentingan, keinginan, kebutuhan, atau segala sesuatu yang   menjadi   milik  mitra   tutur,   b)  menggunakan   bentuk-bentuk  identitas kelompok, c) berkelakar atau lelucon, d) membuat persepsi bahwa penutur memahami keinginan mitra tutur, e) melibatkan penutur dan mitra tutur dalam kegiatan, dan f) memberi atau meminta alasan. Terdapat dua substrategi kesantunan negatif, yaitu a) menggunakan pertanyaan dengan bentuk-bentuk berpagar dan b) permintaan maaf. Terdapat dua substrategi tindak tutur secara tidak langsung, yaitu a) menggunakan metafora dan b) menggunakan ungkapan yang samar-samar. Strategi kesantunan yang paling sering digunakan adalah strategi kesantunan positif substrategi menggunakan bentuk-bentuk identitas kelompok.

Kata kunci      : Tindak Tutur, Prinsip Kesantunan, Segmen Khusus, Jeng Patrol.

 

×
Penulis Utama : Yosafat Ari Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212070
Tahun : 2017
Judul : Tindak Tutur Direktif, Ekspresif dan Prinsip Kesantunan Segmen Khusus Jeng Patrol dalam Acara Patroli Siang di Indosiar: Suatu Kajian Pragmatik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia- C0212070-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Purnanto, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.