Penulis Utama : Aziza Nurizka Ramadhanty
NIM / NIP : K1218013
×

Aziza Nurizka Ramadhanty. K1218013. TINDAK TUTUR KESANTUNAN BERBAHASA DAN PRINSIP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMPIT INSAN KAMIL KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk-bentuk tindak tutur kesantunan berbahasa guru dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMPIT Insan Kamil Karanganyar (2)mendeskripsikan dan menjelaskan implikatur penerapan kerja sama guru dan peserta didik yang terjadi dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMPIT Insan Kamil Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi 63 peserta didik di kelas VII C dan VII D, proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMPIT Insan Kamil Karanganyar. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi berpartisipasi aktif, analisis rekaman pembelajaran, dan wawancara mendalam. Teknik uji validitas adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama ditemukan tindak tutur asertif sebanyak 5 tuturan, tindak tutur direktif sebayak 3 tuturan, tindak tutur komisif sebanyak 1 tuturan, tindak tutur ekspresif sebanyak 1 tuturan, dan tindak tutur deklaratif sebanyak 1 tuturan. Kedua ditemukan maksim kesantunan dalam tindak tutur pembelajaran bahasa Indonesia yaitu maksim kebijaksanaan sebanyak 2 tuturan, maksim kedermawanan sebanyak 1 tuturan, maksim pujian sebanyak 1 tuturan, maksim permufakatan sebanyak 2 tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 1 tuturan, maksim kesimpatisan sebanyak 3 tuturan. Ketiga ditemukan maksim penerapan prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu maksim kuantitas sebanyak 1 tuturan, maksim kualitas sebanyak 1 tuturan, maksim relevansi sebanyak 2 tuturan, dan maksim cara/pelaksanaan sebanyak 1 tuturan.

×
Penulis Utama : Aziza Nurizka Ramadhanty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218013
Tahun : 2023
Judul : Tindak Tutur Kesantunan Berbahasa dan Prinsip Kerja Sama Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPIT Insan Kamil Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Kesantunan berbahasa, penerapan prinsip kerja sama, tindak tutur, danmaksim kesantunan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.
2. Dr. Raheni Suhita, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.