Penulis Utama : Dian Wahyunianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111708003
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur dan Prinsip Kerja Sama dalam Strategi Komunikasi Anak Autis di SLBN Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Linguistik Deskriptif-S111708003-2020
Subyek : ANAK AUTIS, TINDAK TUTUR, PRINSIP KERJA SAMA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan jenis tindak tutur pada tuturan anak autis, 2) mendeskripsikan bentuk pematuhan prinsip kerja sama pada tuturan anak autis dan 3) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan anak autis. 
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SLBN Surakarta. Data pada penelitian ini adalah tuturan anak autis dalam dialog yang mengandung tindak tutur dan prinsip kerja sama yang bersumber pada dialog dengan guru dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas autis SLBN Surakarta. Metode penyediaan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik sadap dengan teknik lanjutan simak bebas libat cakap atau SBLC serta teknik rekam dan catat. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis kontekstual pragmatik dibarengi dengan analisis cara-tujuan atau means-end dan heuristik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis cenderung menggunakan tindak tutur asertif dengan fungsi memberitahukan dan dituturkan secara langsung dan literal. Penelitian ini tidak menemukan adanya tuturan anak autis yang mengandung tindak tutur deklarasi. Dalam bercakap-cakap, anak autis juga lebih sering mematuhi prinsip kerja sama daripada melanggarnya. Pematuhan prinsip kerja sama pada penelitian ini ditemukan dengan klasifikasi pematuhan 1 maksim, 2 maksim, 3 maksim , dan 4 maksim dimana pematuhan maksim kuantitas adalah yang paling dominan ditemukan. Sedangkan pelanggaran prinsip kerja sama ditemukan dengan klasifikasi pelanggaran 1 maksim, 2 maksim, 3 maksim, dan 4 maksim dimana anak autis cenderung lebih sering melanggar maksim cara.
Kata Kunci: anak autis, tindak tutur, prinsip kerja sama

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A
2. Dr. Dwi Purnanto, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana