Penulis Utama : Rakhma Annisa Putri
NIM / NIP : D0312062
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ganda perempuan serta motivasi  perempuan untuk bekerja di sektor publik, dan  untuk mengetahui dampak serta strategi untuk menajga keharmonisan keluarga pada wanita karir.

Dalam penelitian ini menggunakan teori fungsionaisme dari Robert K Merton dan teori fungsionalisme struktuural Talcott Parsons, Merton menjelaskan bahwa analisis structural fungsional memusatkan perhatian pada kelompok, organisasi, masyarakat, dan kebudayaan. Merton juga memperkenalkan fungsi manifes dan fungsi laten,  Parsons menganalisis fungsiomalisme struktural menggunakan teori AGIL(adaptation,goal investment,integration,latencyi) Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi metode, sedangkan analisis data menggunakan analisis model interakif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi menjaga keharmonisan keluarga pada wanita karir adalah dengan cara(1) Komunikasi yang baik diantara anggota keluarga baik komunikasi langsung dengan bertatap muka adan komunikasi tidak langsung menggunakan media handphone.(2) Family time dengan cara memannfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan bersama yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antar anggota keluarga(3)Komitmen diantara suami istri untuk dapat menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab(4) Pembagian tugas domestik

Kata kunci: strategi, wanita karir, keharmonisan, keluarga.

 

×
Penulis Utama : Rakhma Annisa Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312062
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pasangan Suami Istri dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Wanita Karir (Studi Kasus Strategi Pasangan Suami Istri dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Wanita Karir di Desa Pucangan,Kelurahan Pucangan, Kecamatan Kartasura)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0312062- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Thomas Aquinas Gutama, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.