Penulis Utama : Natasya Putri Dewi
NIM / NIP : D1217034
×

Pada dasarnya, komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia dalam bertukar informasi sebagai makhluk sosial. Hakikat dari komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Kata komunikasi atau communication sendiri merupakan istilah komunikasi dalam bahasa Inggris. Dan dalam Bahasa Latinnya adalah communis yang berarti “sama”. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan dianut secara sama.
Penelitian ini menggunakan teori yang disampaikan oleh Alo Liliweri didalam buku Komunikasi  Antarpribadi, mengutip pendapat De Vito  (1991 : 13) yang mendefinisikan pola komunikasi antar pribadi merupakan pengiriman  pesan  pesan  dari  seseorang  dan  diterima  oleh  orang  lain,  atau  sekelompok  orang dengan efek dan umpan balik secara langsung. Di dalam sebuah hubungan tentu setiap pasangan menginginkan terciptanya sebuah keharmonisan, dimana hubungan tersebut merupakan hubungan yang selaras, serasi, dan seimbang sehingga dapat tercipta kebahagiaan antar pasangan yang terlibat didalam hubungan tersebut.  Baik itu kesenangan jiwa maupun kesenangan raga. Dan kunci dari keharmonisan tersebut ada pada komunikasi.
Keharmonisan dapat tercapai apabila konflik didalam keluarga atau suami istri berhasil diminimalisir oleh pasangan suami & istri itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang akan mendeskripsikan pola komunikasi antarpribadi suami - istri yang berwirausaha bersama dalam menjaga kehamonisan hubungan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan purposive sampling.
Penelitian ini membahas tentang didalam hubungan suami-istri harus ada sebuah komunikasi yang didukung oleh kepercayaan agar tercipta keharmonisan.  Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat dua jenis pola  komunikasi, yang pertama merupakan pola komunikasi persamaan secara merata dan seimbang dan yang kedua merupakan pola komunikasi seimbang terpisah dimana persamaan presepsi dalam hubungan tetap ada hanya pasangan mengontrolnya sendiri-sendiri.

Kata Kunci:  Pola Komunikasi, Komunikasi  Antar Pribadi, Pasangan Wirausaha, Keharmonisan  Hubungan.
 

×
Penulis Utama : Natasya Putri Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217034
Tahun : 2019
Judul : Pola Komunikasi Suami-Istri dalam Menjaga Keharmonisan Hubungan (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antar Pribadi Pasangan Suami-Istri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi : 92 p. ; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Ilmu Komunikasi-D1217034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.