Penulis Utama : Satria Bagus Pambudi
NIM / NIP : R0213048
×

ABSTRAK

 

Latar Belakang : Paparan intensitas kebisingan lebih dari 85 dBA selama 8 jam kerja/hari maka dibutuhkan pelatihan mengenai penggunaan earplug. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan earplug terhadap perilaku kerja aman dari paparan intensitas kebisingan.

Metode  :  Jenis  penelitian  ini  adalah  eksperimen  semu  dengan  rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah  pekerja  dibagian  produksi  yang  berjumlah  50  orang.  Sampel  diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan dilakukan inklusi-ekslusi sehingga didapatkan 35  sampel.  Instrumen  yang  digunakan dalam penelitian  ini adalah check list penggunaan earplug yang baik dan benar, earplug, dan lembar persetujuan.  Analisis univariat  dilakukan untuk mengetahui nilai tendensi dari karakteristik responden, sedangkan analisis bivariat menggunakan uji Paired T- Test. Data yang tidak terdistribusi normal maka dilakukan uji Wilcoxon.

Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat pengaruh pelatihan penggunaan earplug terhadap perilaku kerja aman (p value=0,001). Terdapat 6% responden dengan nilai perilaku kerja aman menurun, 48% nilai perilaku kerja aman tetap, dan 46% responden dengan nilai perilaku kerja aman meningkat.

Simpulan  :  Terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  penggunaan  earplug
terhadap perilaku kerja aman.

 

Kata  Kunci  :  penggunaan  earplug,  perilaku  penggunaan  earplug,  pelatihan
earplug, pekerja produksi

 

×
Penulis Utama : Satria Bagus Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213048
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pelatihan Penggunaan Earplug Terhadap Perilaku Penggunaan Earplug pada Pekerja Produksi di PT Wijaya Karya Beton Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0213048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, Dra., M.Si.
2. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.