Penulis Utama : Putri Perlis Setyawati
NIM / NIP : K1312056
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi persamaan garis lurus ditinjau dari gaya belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui  purposive sample. Subjek pada penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII C yang terdiri dari masing-masing dua orang siswa dari tiap kategori gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). Teknik pengumpulan data pada penelitan ini menggunakan wawancara berbasis tugas. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual: (a) mampu  menyatakan  ulang konsep  gradien;  (b) mampu  menyajikan  rumus gradien dalam bentuk representasi matematis dan menggunakannya; (c) mampu mengembangkan syarat perlu dari rumus persamaan garis lurus melalui satu titik dengan gradien tertentu dan mengaplikasikannya, tetapi ditemukan siswa yang
mampu dan belum mampu mengembangkan syarat perlu dari rumus persamaan garis melalui dua titik dan mengaplikasikannya; (d) mampu memberikan contoh garis yang sejajar dan tidak sejajar suatu garis, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menyatakan ulang konsep gradien dan ditemukan siswa yang mampu maupun belum mampu menyajikan rumus gradien dalam bentuk represen- tasi matematis. Sementara itu, indikator pemahaman konsep lain yang telah di- tetapkan belum mampu dicapai siswa, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kines- tetik: (a) mampu menyatakan ulang konsep gradien; (b) mampu menyajikan ru- mus gradien dalam representasi matematis tetapi belum mampu menggunakannya; (c) mampu mengembangkan syarat perlu dari rumus persamaan garis lurus me- lalui satu titik dengan gradien tertentu dan mengaplikasikannya. Sementara itu, indikator pemahaman konsep lain yang ditetapkan belum mampu dicapai siswa.

 

×
Penulis Utama : Putri Perlis Setyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312056
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Gaya Belajar matematika Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Matematika-K1312056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd
2. Dhidhi Pambudi, S.Si., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.