Penulis Utama : Cindy Khalida Zia
NIM / NIP : D1114004
×

ABSTRAK

Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban atas keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi maupun instansi pemerintahan dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Organisasi maupun instansi pemerintahan senantiasa di tuntut untuk menjalankan standar-standar organisasi secara akuntabel agar akuntabilitas dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas program yang dilakukan oleh Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta dalam menangani perempuan mantan pekerja seks komersial (PSK) melalui program pelatihan keterampilan.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, hasil observasi dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengambilan sampel secara purposive dan snowball. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.
Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa akuntabilitas tercermin melalui tiga indikator yaitu optimalisasi sumber daya, kepekaan serta upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi. Dapat diperoleh hasil yaitu sumber daya manusia (pekerja sosial) dalam memberikan pelatihan keterampilan sudah berjalan dengan optimal karena dalam merehabilitasi memberikan arahan dan juga bimbingan, namun hal tersebut tidak berjalan mulus ada hambatan dalam pelaksanaan program pelatihan keterampilan terkendala pada fasilitas serta sarana dan prasarana yang belum memadai. Keberhasilan tersebut dapat dipertanggungjawabkan melalui data penerima manfaat yang sudah disalurkan kepada masyarakat.
Dalam pelaksanaan akuntabilitas pada program pelatihan keterampilan ada kendala yang dihadapi masih minimnya fasilitas penunjang serta sarana dan prasarana pada saat proses keterampilan berlangsung. Rekomendasi yang diharapkan adalah Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta memberikan fasilitas dan juga sarana dan prasarana yang memadai agar program pelatihan keterampilan dapat berjalan dengan efektif.
Kata kunci : Akuntabilitas, pelatihan keterampilan, PSK.

 

×
Penulis Utama : Cindy Khalida Zia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114004
Tahun : 2017
Judul : Akuntabilitas Program Pelatihan Keterampilan Bagi Perempuan Mantan Pekerja Seks Komersial (PSK) Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D1114004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Marsudi, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.