Penulis Utama : Nur Fega Tri Octanudin
NIM / NIP : D0112069
×

ABSTRAK

Berkembangnya perekonomian di kawasan Solobaru menjadi stimulan bagi usaha mikro kecil bermunculan, salah satunya adalah pedagang kaki lima (PKL). Untuk mengatur jumlah PKL yang semakin bertambah, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo telah membuat Perbup No 19 tahun 2014 tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan yang mengatur tempat dan waktu berjualan bagi PKL. Satpol-PP kabupaten Sukoharjo sebagai penegak Perda, mempunyai kewajiban untuk mengawasi dan mengatur jalannya peraturan tersebut serta bertugas untuk melakukan pembinaan dan penataan PKL di kawasan Solobaru.  Kinerja yang baik dari Satpol-PP sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan PKL tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kinerja yang dilakukan Satpol-PP kabupaten Sukoharjo dalam pembinaan dan penataan PKL di kawasan Solobaru.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan teknik penetuan informan purposive sampling dan snowball sampling. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilgunakan yaitu adalah wawancara, observasi, serta telaah dokumen dengan validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar kinerja yang dilakukan satpol-PP kabupaten sukoharjo cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari kajian yang telah dilakukan dari beberapa indikator sebagai berikut: 1) Akuntabilitas, Satpol-PP kabupaten sukoharjo telah berjalan sistem pelaporan terhadap kegitan yang dilakukan. 2) Responsivitas, yaitu solusi yang ditawarkan merupakan langkah yang paling baik yang dapat dilakukan. 3) Responsibilitas, yaitu pembinaan dan penataan yang dilakukan telah sesuai dengan pedoman yang ada. 4) Empati, yaitu usaha untuk merubah image buruk Satpol-PP kabupaten Sukoharjo sebagai penegak Perda meskipun mendapat respon negatif dari para PKL.  Kinerja Satpol-PP kabupaten Sukoharjo juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain SDM, Sarana dan prasarana serta Motivasi.
Kata kunci: Kinerja, Satpol-PP, PKL

 

×
Penulis Utama : Nur Fega Tri Octanudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112069
Tahun : 2017
Judul : Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Sukoharjo Dalam Pembinaan Dan Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Solobaru
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, D0112069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.