Penulis Utama : Ana Hidayatur Rohmah
NIM / NIP : K7113014
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbasis media Flashcard pada siswa kelas II SD Negeri Karangasem III No. 181 Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemun. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Karangasem III No. 181 Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan validitas isi, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis tegak bersambung siswa pada setiap siklus terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. pada pratindakan nilai rata-rata kelas adalah 58,2 dan ketuntasan klasikal yaitu 22% atau 7 dari 33 siswa; pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 67,5 dan ketuntasan klasikal yaitu 60% atau 20 dari 33 siswa; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 77,9 dan ketuntasan klasikal 81% atau 27 dari 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Instruction berbasis media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Karangasem III No. 181 Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Direct Isntruction, Flashcard, keterampilan menulis, tegak bersambung

 

×
Penulis Utama : Ana Hidayatur Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113014
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Flashcard (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Karangasem Iii No. 181 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yulianti, M. Pd.
2. Dra. Lies Lestari, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.