Penulis Utama : Restu Syamsi Nur Hikmah
NIM / NIP : K8113068
×

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri menggunakan media papan flanel pada anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 anak ( 6 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri dengan menggunakan media papan flanel dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 18,18%, siklus I 45,45%, dan siklus II 81,82%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri anak dalam mengurutkan 3 pola secara berurutan berdasarkan pada bentuk dan warnanya, dan anak mampu memperkirakan urutan selanjutnya dengan melengkapi urutan pola yang hilang berdasarkan bentuk dan warnanya..
Kata kunci: kemampuan mengurutkan pola, media papan flanel

 

×
Penulis Utama : Restu Syamsi Nur Hikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113068
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Bentuk 3 Dimensi Geometri Dengan Media Papan Flanel (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok A1 Tk Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, K8113068-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.,
2. Dra. Lies Lestari, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.