Penulis Utama : Chrisma Arum Kartikadewi
NIM / NIP : K8114013
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui kegiatan music and movement menggunakan lagu tradisional pada anak usia 5-6 tahun di TK Aulia Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin dengan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan dan dilaksanakan pada empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Aulia Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 anak, terdiri atas 15 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan anak.
Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, tes,  dan  dokumentasi.  Uji  validitas  data  kualitatif  menggunakan  triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan gerak dan lagu dengan menggunakan lagu tradisional,  anak  dapat  memusatkan perhatian  terhadap  gerak  dan  lagu  dalam jangka waktu 10-15 menit, anak dapat mengulang gerakan ketika lagu diputar kembali, dan anak dapat melakukan instruksi lisan sederhana dari guru sehingga melalui kegiatan music and movement menggunakan lagu tradisional dapat meningkatkan  kemampuan  menyimak  pada  anak  usia  5-6  tahun  di  TK Aulia Surakarta dari pratindakan sampai pada siklus II.
Pada pratindakan diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak sebanyak 8 anak dari 25 anak atau sebesar 32%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak anak meningkat sebesar 56% atau sama dengan 14 anak. Pada siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak anak juga meningkat secara signifikan menjadi sebesar 80% atau 20 anak. Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan melalui kegiatan music and movement menggunakan lagu tradisional dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di TK Aulia Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Chrisma Arum Kartikadewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114013
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Music And Movement Menggunakan Lagu Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok B TK Aulia Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8114013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.