Penulis Utama : Pungki Pratiwi
NIM / NIP : K8114053
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda anak melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada anak kelompok A TK Islam Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A TK Islam Permata Hati. 

Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif model interaktif. 

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 36% atau sekitar 8 anak, siklus I pertemuan I sebesar 45% atau sekitar 10 anak, pada siklus I pertemuan II sebesar 59% atau sekitar 13 anak. Sedangkan pada siklus II mengalami peningktan kembali, pada pertemuan I sebesar 72% atau sekitar 16 anak dan siklus II pertemuan II sebesar 82% aatau sekitar 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) mampu meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak kelompok A TK Islam Permata Hati Tahun Ajaran 2017/2018.  
 
Kata kunci : Kemampuan mengklasifikasikan benda, Contextual Teaching And Learning (CTL), dan anak kelompok A.

×
Penulis Utama : Pungki Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114053
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A TK Islam Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP Prog. Studi PG Paud-K8114053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A
2. Karsono, S.Sn, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.