Penulis Utama : Nimas Ayu Mar’atun Sholikhah
NIM / NIP : K8115040
×

Tujuan  penelitian  adalah  untuk  meningkatkan  kemampuan  berbicara  melalui media pembelajaran audio-visual pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di TK YPAB Permata Hati Surakarta pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun (kelompok B). Pendekatan penelitian menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dan  kualitatif  dengan  jenis  penelitian tindakan  kelas  (PTK).  Model  PTK  menggunakan  model  spiral  yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart terdiri daritahap prencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting).Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis komparatif, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini yaitu terjadi peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 26,66%, siklus I sebesar 53,33%, dan siklus II sebesar 80%. Peningkatan kemampuan berbicara dapat dilihat daripersentase pencapaian ketuntasan pada indikator menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, yang meningkat dari 40% sebelum tindakan menjadi 86,66% di akhir tindakan. Indikator memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain meningkat dari 40% sebelum tindakan menjadi 86,66% di akhir tindakan. Indikator menceritakan kembali cerita atau dongeng yang telah disaksikan, meningkat dari 33,33% sebelum tindakan menjadi 80% di akhir tindakan. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Media Audio-visual, Anak Usia Dini

 

×
Penulis Utama : Nimas Ayu Mar’atun Sholikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115040
Tahun : 2020
Judul : Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Audio-Visual pada Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok B TK YPAB Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PG-PAUD - K8115040 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Kusuma Dewi S.Pd., M.Pd
2. Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.