Penulis Utama : Ghina Rizqi Ashihah
NIM / NIP : K8115026
×

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seriasi melalui media papan flanel pada anak usia 4-5 tahun TK BA At-Taqwa Wonogiri tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun kelompok A1 TK BA At-Taqwa Wonogiri yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui unjuk kerja, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seriasi pada setiap siklus. Data pratindakan kemampuan seriasi anak sebesar 40%, dan setelah tindakan pada siklus I meningkat sebesar 55%, siklus II meningkat menjadi 80%.
Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan anak mampu untuk mengurutkan lima benda berdasarkan ukuran dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya dari yang terkecil ke yang terbesar, mengurutkan lima benda berdasarkan ukuran dari yang terpanjang ke yang terpendek atau sebaliknya dari yang terpendek ke yang terpanjang, mengurutkan lima benda berdasarkan ukuran dari yang terberat ke yang teringan atau sebaliknya dari yang teringan ke yang terberat. Berdasarkan  uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan seriasi pada anak usia 4-5 tahun TK BA At-Taqwa Wonogiri tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: Kemampuan Seriasi, Media Papan Flanel, Anak Usia Dini.

 

×
Penulis Utama : Ghina Rizqi Ashihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115026
Tahun : 2020
Judul : Meningkatkan Kemampuan Seriasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Flanel (Penelitian Tindakan Kelas di TK BA At-Taqwa Wonogiri Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PG-PAUD - K8115026 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Ismail Sriyanto, M.Pd.
2. Nurul Kusuma Dewi S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.