Penulis Utama : Nova Putri Pangesti
NIM / NIP : K8115041
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK)  dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 25 anak yaitu 11 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Sumber data dalam  penelitian  ini adalah anak dan guru.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa unjuk kerja. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan  (planning), tindakan  (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,  setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui media busy book, anak dapat melakukan indikator mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit berupa menali tali, mengancingkan kancing serta menempel pola potongan gambar. Hal tersebut membuktikan bahwa media busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Pelita 1 Mudal Boyolali.

Hasil memiliki persentase ketuntasan prasiklus sebesar 44% atau sebanyak 11 anak yang memperoleh nilai tuntas. Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 12% menjadi 56% atau sebanyak 14 anak yang mendapat nilai tuntas. Siklus II mengalami peningkatan sebesar sebesar 20% menjadi 76% atau sebanyak 19 anak yang memperoleh nilai tuntas. Keseluruhan peningkatan persentase ketuntasan kemampuan motorik halus anak secara klasikal setelah diterapkan media busy book adalah sebesar 32%. Berdasar uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019.

×
Penulis Utama : Nova Putri Pangesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115041
Tahun : 2019
Judul : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BUSY BOOK (Penelitian Tindakan Kelas di TK Pelita 1 Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2018/ 2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8115041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Wahyuningsih
2. Nurul Kusuma Dewi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.