Penulis Utama : Ira Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212054
Tahun : 2017
Judul : Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan Menonton Vlog (Studi Korelasi Antara Motivasi, Penggunaan dan Kepuasaan Dalam Menonton Video Blog pada situs YouTube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi S1 Reguler Angkatan 2013 dan 2014 FISIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212054-2017
Subyek : VLOG, YOUTUBE, USES AND GRATIFICATION THEORY, MOTIVASI, PENGGUNAAN, KEPUASAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Blogging yang dulunya hanya sekedar tulisan dan gambar dengan menggunakan halaman web sekarang mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut bahwa blogging dilakukan dengan video atau biasa disebut vlog, dimana seorang vlogger melakukan rekaman yang mereka pandu sendiri seperti bercerita di depan kamera. Sehingga peneliti ingin meneliti apakah populasi yang sudah familiar tentang video seperti mahasiswa ilmu komunikasi S1 reguler angkatan 2013 dan 2014 FISIP UNS memiliki motivasi yang berhubungan dengan penggunaan dan kepuasan dalam menonton vlog pada situs YouTube. Situs YouTube sendiri dipilih sebagai wadah dalam menonton vlog karena YouTube sebagai situs pemutar video terbesar yang digunakan di seluruh dunia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Uses and Gratification. Dimana peneliti mengukur apakah motivasi memiliki hubungan dengan kepuasan Dan apakah motivasi memiliki hubungan dengan kepuasan dengan dikontol variabel  penggunaan.
Penelitian ini dilakukan di FISIP UNS dengan 68 sampel mahasiswa ilmu komunikasi S1 reguler angkatan 2013 dan 2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi bivariat Kendall Tau-b dan korelasi parsial yang menggunakan bantuan SPSS versi 17.
Hasil penelitian menyatakan bahwa frekuensi dan durasi memiliki peran penting dalam mempengaruhi hubungan motivasi dan kepuasan. Hubungan yang paling kuat adalah motivasi pengalihan dengan kepuasan pengalihan dengan pengaruh frekuensi penggunaan dengan derajat kekuatan hubungan pada taraf kuat yaitu sebesar 0,653 dengan taraf signifikansi pada tingkat 0,01 atau tingkat kepercayaan sebesar 99% sehingga responden menggunakan vlog terutama untuk pengalihan. Sedangkan hubungan yang terlemah adalah motif identitas personal dengan kepuasan identitas personal yang hanya memiliki keeratan hubungan 0,327 pada taraf lemah. Yaitu dapat disimpulkan bahwa responden sedikit yang menggunakan vlog untuk menguatkan identitasnya.
Kata kunci: Vlog, YouTube, Uses and gratification Theory, Motivasi, Penggunaan, kepuasan.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP