Penulis Utama : Muhammad Ikhsan Adipradana
NIM / NIP : D1214050
×

ABSTRAK
    Film A Copy of My Mind merupakan sebuah film drama Indonesia yang disutradai Joko Anwar, begitu pula dengan naskah ceritanya ditulis oleh Joko Anwar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna yang terkandung dalam film A Copy of My Mind yang berupa kritik sosial. Film ini menceritakan tentang pasangan kekasih, Sari (Tara Basro) dan Alek (Chicco Jerikho). Sari adalah karyawan salon kecantikan, sementara Alek adalah pembuat teks terjemahan DVD bajakan. Secara tidak sengaja, mereka menemukan DVD berisi rekaman tindak kejahatan korupsi yang melibatkan para pejabat tinggi dan seorang calon presiden. Pada penelitian ini, peneliti hanya mengambil beberapa scene yang memang menurut peneliti di scene tersebut terdapat makna tersembunyi yang diselipkan oleh sutradara.
    Metode dalam penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan metode ini, peneliti ingin mencari tahu kritik-kritik apa saja yang terkandung dalam film A Copy of My Mind ini. Analisis yang dilakukan yaitu menggunakan dua tahap. Yang pertama mencari makna denotasi (makna yang tersirat), lalu yang kedua mencari makna konotasi (makna tersurat) dan mitos dalam scene yang telah dipilih.
    Berdasarkan hasil analisis dari beberapa scene yang telah dipilih terdapat lima kategori kritik sosial yang disampaikan oleh Joko Anwar. Kritik-kritik tersebut adalah soal pembajakan, sulitnya mencari hiburan, pencurian, penyuapan, penculikan dan kekerasan.
Kata kunci: Film, Semiotika, Kritik sosial.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ikhsan Adipradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214050
Tahun : 2017
Judul : Kritik Sosial dalam Film (Studi Analisis Semiotika Kritik Sosial dalam Film “A Copy of My Mind” Karya Joko Anwar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D1214050-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ch Heny Dwi Surwati, S.Sos. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.