Penulis Utama : Agista Rinjani Khairunisa
NIM / NIP : D0216005
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi disparitas antar kelas sosial dalam film Parasite karya sutradara Bong Joon Ho. Representasi tersebut merupakan cerminan dari realitas yang terjadi di masyarakat asal film tersebut, Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes.

Sumber dari penelitian ini adalah film Parasite karya Bong Joon Ho. Objek dalam penelitian ini adalah adegan-adegan yang mengandung tanda- tanda visual dan tanda audio dalam film Parasite yang menunjukkan adanya disparitas antar kelas sosial dalam masyarakat Korea Selatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan mengelompokkan adegan- adegan dalam film Parasite sesuai rumusan masalah penelitian. Kemudian, data dianalisis menggunakan model semiotik Roland Barthes dengan mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos pada setiap adegan.

Penelitian ini menemukan bahwa terdapat ketimpangan antar kelas sosial pada berbagai aspek: aspek tempat tempat, aspek digital, aspek pekerjaan, dan aspek pendidikan. Keempat aspek tersebut menunjukkan realitas kelas sosial atas akan selalu memiliki privilege dan kesempatan, sedangkan kelas sosial bawah akan selalu menjadi sistem yang terus mendukung stabilitas kehidupan kelas di atasnya.

Kata kunci: disparitas, kelas sosial, semiotik, Roland Barthes.

 

×
Penulis Utama : Agista Rinjani Khairunisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216005
Tahun : 2020
Judul : Representasi Disparitas Antar Kelas Sosial dalam Film Tragikomedi Korea Selatan (Analisis Semiotika Mengenai Representasi Disparitas Antar Kelas Sosial dalam Film Parasite Karya Bong Joon Ho)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS – F. Ilmu Sosial dan Politik, Prog. Studi Ilmu Komunikasi – D0216005- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.