Penulis Utama : Tria Noor Syahriar
NIM / NIP : D1213072
×

ABSTRAK
Pada akhir tahun 2014 Instagram mencatat memiliki 300 juta orang pengguna aktif dan di bulan September 2015 Instagram memiliki 400 juta orang pengguna aktif. Sebagian besar pengguna Instagram adalah dewasa muda. Dewasa muda adalah mereka yang berada di bangku kuliah. Sesuatu yang menarik dari jejaring sosial Instagram adalah faktor-faktor motivasi apa saja yang membuat para dewasa muda  berminat dalam menggunakan Instagram.
Penelitian ini berbasis pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Eunji dkk (2015) mengenai motivasi menggunakan Instagram dimana terdapat lima motivasi dalam menggunakan instagram, yaitu, motivasi interaksi sosial, motivasi dokumentasi, motivasi ekspresi diri, motivasi pelarian dan motivasi melihat-lihat. Dalam penelitian ini peneliti melihat pengaruh faktor-faktor motivasi tersebut dalam membangun minat menggunakan Instagram.
Penentuan jumlah sample menggunakan rumus Yamane dan didapat jumlah sample sebesar 110. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret angkatan 2013 yang meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik. Teknik sampling dilakukan secara bertahap menggunakan cluster sampling di tingkat fakultas, tahap berikutnya menggunakan simple random di tiap cluster dan kelompok program studi dalam setiap fakultas. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengukur seberapa besar pengaruh faktor-faktor motivasi interaksi sosial, motivasi dokumentasi, motivasi ekspresi diri, motivasi pelarian dan motivasi melihat-lihat terhadap minat menggunakan Instagram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model faktor motivasi interaksi sosial, motivasi dokumentasi, motivasi ekspresi diri, motivasi pelarian dan motivasi melihat-lihat terhadap minat menggunakan Instagram fit dengan nilai RMSEA 0,047 dan P-value 0,10795. Model menunjukkan adanya pengaruh motivasi interaksi sosial, motivasi dokumentasi, motivasi ekspresi diri, motivasi pelarian dan motivasi melihat-lihat secara simultan. Dua variabel yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap minat menggunakan Instagram adalah motivasi melihat-lihat (0,87) dan motivasi ekspresi diri (0,87).

Kata Kunci: motivasi interaksi sosial, motivasi dokumentasi, motivasi ekspresi diri, motivasi pelarian, motivasi melihat-lihat, minat menggunakan Instagram

 

×
Penulis Utama : Tria Noor Syahriar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213072
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Faktor Motivasi Interaksi Sosial, Motivasi Dokumentasi, Motivasi Ekspresi Diri, Motivasi Pelarian dan Motivasi Melihat-Lihat terhadap Minat Menggunakan Instagram
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D1213072-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.