Penulis Utama : Iksan Pamugar
NIM / NIP : K5612040
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  guling depan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gondangrejo tahun pelajaran
2016/2017 melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas persiapan, perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gondangrejo yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 6 siswa putra dan 24 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan  data adalah  observasi  langsung terhadap  kegiatan  pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan presentase.
Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan yang signifikan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pre tes hasil belajar guling depan siswa sebesar 26,67%, pada siklus I meningkat menjadi 63,33% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 93,33%. Hasil pada siklus 2 sudah mencapai target yang diharapkan peneliti yaitu 90%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah dilakukan penerapan model pembelajaranTAI (Team Asiisted Individualization). Pelaksanaan siklus II dengan menambah modifikasi media pembelajaran dan kompetisi menyebabkan hasil belajar guling depan meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran  yang lebih aktif,  efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil guling depan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gopndangrejo tahun pelajaran 2016/2017.

Kata  Kunci  :  Hasil  Belajar  Guling  depan,  Model  Pembelajaran  TAI  (Team
Assisted Individualization)

 

×
Penulis Utama : Iksan Pamugar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612040
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan - K5612040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sapta Kunta Purnama, M.Pd,
2. Dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.