Penulis Utama : Arum Mawar Sari
NIM / NIP : K4611017
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas persiapan, perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaranyang berjumlah 32 siswa yang terdiri-dari 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalahobservasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.
Dengan penerapan model pembelajaran cooperative learningtipe TAI (Team Assisted Individualization) tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Pada Siklus II terdapat penambahan unsur kompetisi sehingga hasil belajar guling belakang meningkat menjadi lebih baik. Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan pada siklus I ke siklus II. Pada kondisi awalhasil belajar guling belakangsiswa sebesar 21,87%, pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,62%. Hasil pada siklus 2 sudah melampaui target yang ditetapakan dalam peneliti ini (80%).
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualizationdapat meningkatkan hasil guling belakangpada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Hasil Belajar Guling Belakang, Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)

 

×
Penulis Utama : Arum Mawar Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611017
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar guling belakang melalui model pembelajaran cooperative learning tipe tai (team assisted individualization) pada siswa kelas viii a smp negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4611017-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes
2. Rony Syaifullah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.