Penulis Utama : Ramadhan Fuad Sae Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611062
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara Melalui Alat Bantu pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga- K5611062-2017
Subyek : ALAT BANTU PEMBELAJARAN, LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara melalui alat bantu pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 14 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan alat bantu untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan lompat jauh gaya berjalan di udara sehingga kemampuan lompat jauh gaya berjalan di udara siswa masih rendah dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 20,59%, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 64,71%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,24%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan media alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: Alat bantu pembelajaran, lompat jauh gaya berjalan di udara.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB V.pdf
daftar pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP