Penulis Utama : Anjang Laras Ati
NIM / NIP : K4613019
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara melalui alat bantu pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan   tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah  38 anak yang terdiri dari 26 siswa putri dan 12 anak siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan penilaian hasil  belajar  lompat  jauh  gaya  berjalan  di  udara.  Analisis  data  menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil  peneliitian  menunjukan  bahwa  pembelajaran  melalui  alat  bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus   belum   menerapkan   alat   bantu   untuk   membantu   siswa   dalam mempelajari gerakan  lompat jauh gaya berjalan di udara siswa masih  rendah  dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 28,95%, Pada siklus I, Siswa yang tuntas mencapai 55,26%, sedangkan pada siklus II mencapai 86,84%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: Alat bantu pembelajaran, lompat jauh gaya berjalan di udara.

 

×
Penulis Utama : Anjang Laras Ati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613019
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.