Penulis Utama : Diyah Komalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613028
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Menggunakan Alat Bantu pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Kepelatihan Olahraga-K5613028-2017
Subyek : LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar dengan penerapan alat bantu pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 34 siswa yang terdiri-dari 13 siswa putra dan 21 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, dokumentasi, dan hasil tes kognitif siswa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan yang signifikan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa sebesar 29%, pada siklus I meningkat menjadi 64,70 ?n pada siklus II meningkat menjadi 85,30 %. Hasil pada siklus II sudah mencapai target yang diharapkan peneliti yaitu 80 %. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah dilakukan penerapan alat bantu pembelajaran menggunakan tali karet, simpai dan bangku swedia.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian inia dalah dengan penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkanh asil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci :     hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok, menggunakan alat bantu.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
2. Slamet WidodoS.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP